Standar Modul Materi Pelatihan BUMDes

Standar Modul Materi Pelatihan BUMDes

Modul Materi Pelatihan BUMDes

Secara teori modul adalah salah satu bentuk bahan ajar yang dirancang untuk bahan belajar baik secara madiri maupun diaplikasikan dalam sebuah pelatihan in class.  Namun, seyogyanya modul dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran secara mandiri sehingga modul harus dilengkapi dengan petunjuk untuk belajar sendiri.

 

Dalam hal ini, MATA USAHA Business Development Centre sebagai lembaga professional dalam pengembangan kewirausahaan dan bisnis dalam tiga tahun terakhir sangat fokus mengembangkan modul pembelajaran Badan Usaha Milik Desa yang dikemas dalam produk Modul Materi Pelatihan BUMDes.

 

Di sini, modul yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi para pengelola BUMDes secara efektif dan mampu mencapai kompetensi yang diharapkan sebagai pengelola.

 

Adapun kriteria modul materi pelatihan BUMDes yang kami kembangkan disesuaikan dengan kriteria yang telah ditetapkan secara umum sebagai berikut :

 

  1. Self Instructional; yaitu modul mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
  2. Self Contained; yaitu seluruh materi pembelajaran dari satu unit kompetensi atau sub kompetensi yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
  3. Stand Alone (berdiri sendiri); yaitu modul yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media pembelajaran lain. Dengan menggunakan modul, pengelola BUMDes tidak tergantung dan harus menggunakan media yang lain untuk mempelajari dan atau mengerjakan tugas pada modul tersebut.
  4. Adaptive; modul memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi sesuai dengan perkembangan kebutuhan BUMDes.
  5. User Friendly; modul yang kami desain bersahabat dengan pemakainya. Setiap instruksi dan paparan informasi yang tampil bersifat membantu dan bersahabat dengan pemakainya, termasuk kemudahan pemakai dalam merespon, mengakses sesuai dengan keinginan. Penggunaan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan istilah yang umum dalam kehidupan merupakan salah satu bentuk user friendly.

Secara garis besar isi dari modul materi pelatihan BUMDes ada tiga bagian penting.

 

Pertama adalah aspek Mindset BUMDES, bagian ini membahas tentang bagaimana seharusnya BUMDES ini dijalankan oleh orang-orang  yang memiliki kapasitas serta memiliki visi yang bagus. Sekali lagi SDM yang unggul adalah aset terbaik dalam menjalankan bisnis BUMDES. Midset ini membahas motivasi, cara pandang, perubahan jiwa wirausaha melalui BUMDES. Orang yang belum memiliki jiwa wirausaha, akan sangat sulit dalam menjalankan usaha melalui BUMDES. Maka mindset BUMDES ini harus dibentuk agar BUMDES dapat berjalan dengan baik. Seeorang yang tidak punya pengetahuan dan mindset wirausaha harus dibentuk dan ditumbuhkan mindsetnya sesuai dengan tuntutan pengelolaan BUMDES. Pada bagaian ini pula, filosofi BUMDes dikuatkan sehingga pengurus dan pengelola BUMDes benar – benar memahami jati diri BUMDes secara utuh.

 

Kedua isi dari Modul  Materi  Pelatihan BUMDES Badan Usaha Milik Desa adalah aspek  skillset yang harus dimiliki oleh pengelola BUMDES. Skill atau kemampuan termasuk tentang bagaimana cara pengelolaan BUMDES yang bagus baik dari sisi manajemen, sumber daya manusia, produksi, keuangan. pemasaran, teknologi. Kami memisahkan teknologi disini dalam rangka untuk menunjang daya saing BUMDES. Dewasa ini teknologi berkembang sangat begitu cepat, sehingga mau tidak mau BUMDES sebagai entitas usaha harus mengadopsi teknologi agar memiliki daya saing yang unggul untuk memenangkan kompetisi di dunia usaha yang sangat ketat.

 

Ketiga adalah aspek action set  yang dilengkapi dengan tools BUMDES. Tools ini merupakan alat yang akan memudahkan pengelola BUMDes dalam mengaplikasikan materi sehingga dalam membuat sebuah rancangan aksi dalam pengelolaan BUMDes lebih akurat dan terarah. Bagian ini juga akan menjadi tolak ukur dan evaluasi agar perjalanan manajemen BUMDES menuju visi dan misinya tercapai dengan baik. Manakala belum tercapai apa yang harus dilakukan, dan jika sudah mencapai target bagaimana agar target tersebut dipertahankan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik. Demikian pembahasan tentang modul materi pelatihan BUMDES, semoga mampu menginspirasi kita dalam pengembangan ekonomi desa melalui BUMDES.

 

Jika anda memerlukan modul pelatihan badan usaha milik desa BUMDES diharapkan untuk mengikuti Pelatihan BUMDES yang kami adakan. Untuk proposal pelatihan BUMDES bisa request pada kami.

MATA USAHA Business Development Centre C.p Afri (WA/Telf 085228489956)

Related Post

Post a Comment