Program Training Masa Persiapan Pensiun Bagi Purnabakti Untuk Berwirausaha

Program Training Masa Persiapan Pensiun Bagi Purnabakti Untuk Berwirausaha

Menghadapi masa persiapan pensiun (MPP) menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak karyawan. Hal ini disebabkan ketidaksiapan mereka memasuki masa pensiun atau masa purnabakti.

 

Karena itu, sudah sewajarnya bagi perusahaan untuk mendesain program masa persiapan pensiun yang dapat menyeimbangkan antara kebutuhan finansial dan mental. Kenapa dua hal ini penting, karena inilah kekhawatiran yang sering ditemukan pada karyawan yang memasuki masa persiapan pensiun.

 

Kesiapan secara mental menjadi penting mengingat kekhawatiran pasti akan muncul dan membuat stress. Selain itu bagaimana menyiapkan masa pensiun yang tercukupi secara finansial dengan adanya income generate melalui kegiatan berwirausaha.

 

Mata Usaha Business Development Centre melalui layanan inhouse training dan mentoring programme masa persiapan pensiun untuk perusahaan, institusi pemerintahan meliputi Kementrian, Pemerintah Daerah, Pemkab / Dinas, komunitas dan Lembaga lainnya.

 

Bentuk pelatihan inhouse training persiapan masa pensiunan berupa pelatihan berbasis kewirausahaan, melalui format workshop dan mentoring. Kemudian kegiatan program untuk mempersiapkan masa pensiun terbagi menjadi dua, program pelatihan dan program pedampingan.

 

Dalam program pelatihan yang berbasis kewirausahaan, Mata Usaha Business Development Centre memiliki tiga kategori pelatihan. Pertama, pelatihan materi dasar untuk menghadapi masa pensiun. Kedua, kategori pelatihan berbasis kewirausahaan program softskill. Ketiga, pelatihan kewirausahaan dengan program hard skill.

 

Kategori Pelatihan Materi Persiapan Masa Penisun

 

Program Dasar

Program ini merupakan pelatihan dasar yang penting untuk diketahui oleh peserta program masa persiapan pension. Adapun materi pelatihannya sebagai berikut;

 

  1. Mindset mental switching, Post Power Syndrome dan stress.
  2. Entrepreneurial mindset
  3. Start & Improve Your Business (Adaptasi dari Materi International Labour Organization)
  4. Pengelolaan Keuangan

 

Program Peningkatan Soft Skill

Program peningkatan soft skill sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas untuk meningkatkan usaha setelah pensiun. Berikut materi pelatihan pada program peningkatan soft skill yang diberikan Mata Usaha Business Development Centre yaitu :

 

  1. Permodalan Usaha; Teknik menghitung kebutuhan modal usaha dan mengakses program permodalan program pemerintah maupun Lembaga keuangan.
  2. Pemasaran offline dan online
  3. Legalitas usaha ; perijinan usaha (IUMK, CV, PT) maupun perijinan produk (PIRT, Halal, HAKI, SNI, dll)

 

Program Peningkatan Hard Skill

Tidak hanya menguasai materi soft skill, Mata Usaha Business Development Centre juga memberikan layanan program peningkatan hard skill untuk menambah keterampilan. Sehingga keterampilan yang dimiliki bisa menjadi pilihan untuk memulai  usaha baru.

 

Pada program ini dilakukan dengan dua model, pertama yaitu pelatihan dengan materi-materi simulasi atau case studi pada bisnis-bisnis yang hits dibidang kuliner atau makanan olahan, pertanian, peternakan, industry kreatif dan lain sebagainya mulai dari tahapan membaca prospek pasar, cara memulai usaha, operasional, dan Analisa keuangan.

 

Kedua, program mentoring atau pendampingan. Setelah mendapatkan program pelatihan, Mata Usaha Business Development Centre juga memberikan program pendampingan. Program tersebut dijalankan baik secara online maupun offline (kunjungan langsung dilokasi usaha peserta) sesuai kesepakatan program. Adapun materi pendampingan akan lebih spesifik dan teknis mengikuti sector usaha yang dipilih oleh peserta. Secara umum materi pendampingan sebagai berikut;

 

  1. Aktivasi Business Model dan Business Plan
  2. Building Community
  3. Brand Inkubasi
  4. Mentoring Operasionalisasi Usaha
  5. Menemukan Mitra Bisnis
  6. Rencana Aksi Pemasaran (Online dan Offline)
  7. Evaluasi Strategi dan Pertumbuhan Bisnis

 

Dengan mengikuti program pelatihan dan program pendampingn, peserta diharapkan mampu untuk menciptakan dan menjalankan usaha yang produktif. Menjalankan usaha baru untuk pensiunan akan menjadi  bermanfaat, terutama dapat menciptakan lapangan kerja.

 

Goals yang diharapkan Mata Usaha Business Development Centre bisa melahirkan pensiunan yang produktif dan dapat mencetak 50% pensiunan untuk memulai wirausaha atau Pensiunpreneur .

Post a Comment