Program Pendampingan Usaha bagi UMKM Mitra CSR PKBL BUMN

Program Pendampingan Usaha bagi UMKM Mitra CSR PKBL BUMN

Latar Belakang

Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) menjadi pilihan strategis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan mengingat jumlah populasi UMKM mencapai 57,8 juta unit usaha atau 99,9 persen dari jumlah unit usaha di Indonesia, dan jumlah tenaga kerjanya mencapai 86,4 juta orang atau  97,2 persen dari seluruh tenaga kerja Indonesia. Jumlah yang besar dari segi kuantitas tersebut belum didukung oleh perkembangan yang memadai dari segi kualitas UMKM. Keadaan itu disebabkan oleh masalah klasik yang dihadapi oleh UMKM itu sendiri yaitu:

  1. Rendahnya kualitas SDM UMKM dalam manajemen, organisasi, penguasaan teknologi, dan pemasaran;
  2. Lemahnya kewirausahaan (entrepreneurship) para pelaku UMKM;
  3. Terbatasnya akses UMKM terhadap permodalan, informasi, teknologi dan pasar, serta faktor produksi.

Kondisi diatas menjadi pokok fikiran untuk memperkuat UMKM Mitra Binaan BUMN sekaligus membangun image positif dengan turut aktif berperan dalam program  pemberdayaan UMKM selain melalui pemberian pinjaman modal usaha bagi UMKM, juga pendidikan dan pelatihan, pemagangan, pemasaran, promosi dan hal-hal lain yang menyangkut peningkatan produktivitas Mitra Bianaan serta untuk pengkajian/penelitian yang berkaitan dengan Program Kemitraan, hal ini sebagai wujud implmentasi Peraturan Menteri BUMN PER-02/MBU/7/2017 Pasal 9  ayat 1 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara Dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. Tujuan akhirnya adalah  guna membangun UMKM Mitra Binaan yang produktif, tangguh, mandiri dan berdaya saing sebagai bukti BUMN Hadir Untuk Negeri!.

Tema Kegiatan :

“Program Pendampingan Usaha bagi UMKM Mitra Binaan CSR PKBL  BUMN Untuk Mewujudkan UMKM Produktif dan Berdaya Saing

Tujuan Kegiatan :

  1. Mewujudkan UMKM Mitra Binaan menjadi pribadi yang memiliki   jiwa kewirausahaan (Mindset Entrepreneurship)
  2. Meningkatkan kemampuan manajerial, pemasaran, pengelolaan keuangan, kemampuan teknis produksi sehingga memiliki daya saing dan kemandirian usaha

Metodologi Kegiatan :

Pendampingan akan diselenggarakan dengan metode pendekatan Inkubasi Bisnis dengan fokus pada manajemen, pemasaran, pengelolaan keuangan, dan produksi. Adapun metode implementasi memadukan kegiatan In Class dan  Out Class / Pendampingan Lapangan.

Tertarik  program ini di implementasikan di perusahaan Anda?

Hubungi kami

Yuli Afriyandi CP/WA. 085228489956

Related Post

Post a Comment